Skripsi
Penggunaan metode team quiz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas V di madrasah ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Juwet, Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk
Materi Asmaul Husna pada pelajaran Aqidah Akhlak adalah suatu hal rnyang membuat peserta didik tidak banyak tertarik pada pelajaran tersebut, rnmereka cenderung bosan untuk mempelajarinya, karena kebanyakan dalam rnpembelajaran Asmaul Husna siswa dituntut untuk menghafalkannya. rnPermasalahan tersebut terjadi dikelas V MIMiftahul Huda Juwet,dalam rnpermasalahan tersebut penggunaan metode Team Quiz dianggap suatu rnalternatif untuk memotivasi peserta didik dalam menerima materi Asmaul rnHusna. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana rnpenerapan metode Team Quiz dalam belajar pelajaran Aqidah Akhlak materi rnAl-Asmaul Husna( Al-Muhyii, Al-Mumiit, Al-Baqii ) kelas V MI Miftahul rnHuda Juwet, kecamatan Ngronggot, kabupaten Nganjuk?, 2) apakah rnpenggunaan metode Team Quiz dpat meningkatkan motivasi belajar siswa rnpada pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna ( Al-Muhyii, Al-rnMumiiti,Al-Baqii ) kelas V MI Miftahul Huda Juwet, kecamatan Ngronggot, rnkabupaten Nganjuk?. Dari rumusan tersebut dapat diketahui tujuan rnpenelitiannya 1) untuk Bagaimana penerapan metode Team Quiz dalam rnbelajar pelajaran Aqidah Akhlak materi Al-Asmaul Husna( Al-Muhyii, Al-rnMumiit, Al-Baqii ) kelas V MI Miftahul Huda Juwet, kecamatan Ngronggot, rnkabupaten Nganjuk?, 2) untuk mengetahui apakah penggunaan metode Team rnQuiz dpat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah rnAkhlak materi Asmaul Husna ( Al-Muhyii, Al-Mumiiti,Al-Baqii ) MI rnMiftahul Huda Juwet, kecamatan Ngronggot, kabupaten Nganjuk. rnPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan rnpendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan rnbeberapa metode, yaitu: observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Ada 2 rnsiklus yang dilakukan, yaitu siklus I dan siklus II, kedua siklus tersebut rndiperbandingkan ketuntasannya. rnBerdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, diketahui rnbahwa, selama penelitian ini terjadi peningkatan motivasi siswa dalam belajar rnketika ditunjukkan pada keaktifan siswa, bersemangat terhadap tugas yang rndiberikan, terangsang untuk mewujudkan keinginannya, mengikuti rnpembelajaran dengan senang, selalu merasa penasaran terhadap sesuatu, rnbertanya untuk mencari tahu. Peningkatan motivasi belajar ini juga berimbas rnpada peningkatan prestasi belajar siswa, dimana sebelum penelitian ini rn dilakukan nilai rata-rata siswa dalam materi pelajaran Akidah Akhlak adalah rn58,4 dan kemudian setelah penelitian ini dilakukan nilai rata-rata siswa rnmeningkat menjadi 88,9.
T-2013/PGMI/053 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain