Skripsi
Fa'aliyah tathbiq thariqah takhmin al shurah li tarqiyah maharah al kalam fi al fashl al sabi' bi Madrasah al Azhar al Mutawasithah al Islamiyah Sumenep
Penelitihan ini di latar belakangi oleh permasalahan mendasar dalam rnpembelajaran bahasa arab yakni kurangnya kemampuan siswa dalam berbicara rnbahasa arab yang di laksanakan di sekolah-sekolah. Hal ini dikarenakan metode rnpembelajaran yang digunakan masih tergolong biasa atau kuno yakni menggunakan rnmetode langsung sehingga menyebabkan kurangnya motivasi yg dimiliki siswa dan rnproses belajar mengajar di dalam kelas relatif membosankan. Kedua, kurangnya rnkosa kata yang dimiliki siswa, sehingga menyebabkan siswa kesulitan untuk rnberbicara bahasa Arab. Salah satu cara yang dapat di tempuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan metode terka gambar. Metode ini bertujuan untuk melatih daya nalar, ketelitian, kretativitas siswa dan dengan digunakannya media gambar dalam suatu pembelajaran, akan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa akan lebih mudah mencerna pelajaran. Maka dengan melalui metode “Terka Gambar” ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang terkait di atas. rnAdapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode terka gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII MTs Al-Azhar sumenep; (2) Bagaimana kemampuan berbicara siswa kelas VII MTs Al-Azhar sumenep; (3) Bagaimana efektivitas penerapan metode terka gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII MTs Al-Azhar sumenep. rnDalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan jenis rnpenelitian kuantitatif dengan menggunakan “t-tes” dan prosentasi. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, rndokumentasi, angket, tes, dan analisis data. Dari hasil tes yang diuji dengan rnperhitungan statistik diperoleh data mean kelompok eksperimen = 8 ,standar deviasi kelompok eksperimen = 0,942 dan nilai T hitung = 4,566 . Dari hasil tersebut di simpulkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel (2,92 2,12), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya penerapan metode terka gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah “Al-Azhar” Sumenep
T-2013/PBA/046 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain