Skripsi
Istikhdam thariqah hikari li tarqiyah maharah al qira'ah li al thullab fi al fashl al asyirbi al Madrasah al Tsanawiyah Burhan al Hidayah al Islamiyah Krembung Sidoarjo
Hikari adalah sebuah istilah untukmenggambarkan metode cepat dalam belajar rnmembaca kitab gundul yang menekankan pada nahwu dan sharaf. Istilah Hikari rndiambil dari nama kreta tercepat di Jepang. Penamaan ini merupakan sebuah rnlambang bahwa waktu tempuh pembelajaran dapat terus dipersingkat dengan rnmengembangkan metode dan peranti (sarana) yang tepat. Karena metode berusaha rnmenyajikan pembelajaran baca kitab gundul yang ditekankan pada pemahaman rnnahwu dan sharaf dengan menggunakan rumus-rumus praktis yang dapat rnmempermudah siswa dalam memahami kaidah bahasa Arab. Maka dalam rnpenelitian ini peneliti mencoba untuk menerapkan metode tersebut untuk rnmeningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Arab. rnAdapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana rnketerampilan membaca siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, 2. Bagaimana rnpenerapan Metode Hikari dalam keterampilan membaca. Dan juga peneliti rnmengambil MA Burhanul Hidayah Krembung Sidoarjo sebagai tempat rnpenelitiannya dengan populasi dan samplenya yaitu siswa-siswi kelas X. rnDalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode - Adapun metode yang rndigunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan rnanalisis data. Dari hasil observasi lapangan yang dilakukan oleh peneliti, peneliti rndapat menyimpulkan bahwa metode Hikari yang diterapkan oleh peneliti pada rnsiswa-siswi kelas X MA Burhanul Hidayah Krembung Sidoarjo terbukti dapat rnmeningkatkan keterampilan membaca. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji rncoba yang dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rnsetelah diterapkannya metode Hikari ini. rn rn rn rn rn
T-2013/PBA/043 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain