Skripsi
Upaya meningkatkan hasil belajar idghom bighunnah dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV MI Ma’arif Sukodono Sidoarjo
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi idghom bighunnah di kelas IV MI Ma’arif dapat dikatakan belum optimal karena guru hanya menggunakan metode ceramah, padahal dalam melakukan pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi idghom bighunnah. Guru memerlukan metode demonstrasi untuk menerapkan pada siswa kelas IV bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan bacaan idghom bighunnah yang baik dan benar. Selain itu yang menyebabkan siswa mengalami penurunan hasil belajar adalah kurangnya pengetahuan siswa tentang ilmu tajwid dan mayoritas siswa kelas IV kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an. Dalam menanggapi hal tersebut, maka diharapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi idghom bighunnah di MI Ma’arif.rnRumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Ma’arif? 2) Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif?rnSubjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa terdiri dari 21 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, dalam setiap siklus diksanakan dengan 4 tahap 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Adapun analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk memperoleh hasil pengamatan atau observasi terhadap kegiatan guru dan siswa. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa kelas IV pada materi idghom bighunnah dengan metode demonstrasi pada tiap siklus. rnDari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran idghom bighunnah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata tes formatif sebelum dilakukan penelitian sebesar 35,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60,7% dan pada siklus II sebesar 100%.rn
T-2013/PGMI/099 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain