Skripsi
Peningkatan kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran bahasa indonesia melalui media stick figure pada siswa kelas IV MI miftahul ulum 2 Ppereng Wetan Gresik. skripsi pendidikan guru madarsah ibtidaiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya
Kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia rnmerupakan materi yang harus dikuasai oleh siswa. Untuk itu diperlukan kemampuan menulis yang baik dan tepat dalam suatu karangan. Akan tetapi hasil observasi terhadap siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik menunjukkan bahwa hanya 17,6 % siswa yang mampu menulis karangan dengan ejaan dan tanda baca yang tepat. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan menulis karangan siswa masih rendah yang disebabkan kurangnya media dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti terdorong untuk memperbaiki cara pembelajaran guru melalui penelitian tindakan kelas yang menggunakan media stick figure. rnRumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan rnmenulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum menggunakan rnmedia stick figure pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik, (2) Bagaimana penerapan media stick figure dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik, (3) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media stick figure pada siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik. rnTindakan yang dipilih dalam menyelesaikan masalah dengan peningkatan rnkemampuan menulis karangan dalam PTK ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil deskripsi. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan dengan rnmenerapkan media stick figure ukuran kecil pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 52 %. Sedangkan pada siklus II kemampuan menulis karangan dengan media stick figure ukuran besar dan kecil meningkat menjadi 82 %. Siswa mampu menulis karangan sesuai dengan ejaan, tanda baca serta kata penghubung yang tepat dengan menggunakan media stick figure
T-2013/PGMI/093 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain