Skripsi
Optimalisasi peran koperasi siswa sebagai sumber pembiayaan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo
Pengoptimalisasi peran koperasi siswa merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah dalam mengoptimalkan peran koperasi siswa melalui pembinaan, pendampingan dan pengarahan untuk siswa dalam menjalankan ketatalaksanaan organisasi koperasi madrasah. Koperasi siswa didirikan dilingkungan madrasah yang pengelolaan dan anggota-anggotanya terdiri dari para siswa. Keberadaan koperasi siswa merupakan salah satu penunjang kegiatan pembelajaran siswa di madrasah. Keberadaannya memberikan fungsi dan manfaat bagi siswa.rnrnDalam penelitian ini masalah yang diteliti adalah bagaimana pengoptimalisasian peran koperasi siswa sebagai sumber pembiayaan pendidikan, apa faktor pendukung dan penghambat dalam koperasi madrasah sebagai sumber pembiayaan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengoptimalisasian peran koperasi siswa sebagai sumber pembiayaan pendidikan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peran koperasi siswa sebagai sumber pembiayaan pendidikan di MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo.rnrnJenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitiannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, pembina koperasi madrasah, pengurus koperasi madrasah, guru IPS, dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, interview, dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. rnHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) optimalisasi peran koperasi siswadilihat dari pengelolaan koperasi itu sendiri, yakni penyamaan visi koperasi siswa, struktur organisasi yang disertai job description, tim yang efektif, membangun kreatifitas dalam beroganisasi, serta transparan dan akuntabilitas dalam keuangan sehingga menghasilkan sumber pembiayaan pendidikan madrasah. 2) faktor penghambat dan pendukung dari adanya optimalisasi peran koperasi siswa sebagai sumber pembiayaan pendidikan dari hasil menunjukkan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan oleh pihak sekolah yaitu kepala madrasah dan pembina koperasi kepada para siswanya melalui penerapan fungsi dari manajemen untuk mengelola sendiri koperasi madrasah, agar koperasi madrasah benar-benar berdaya sebagaimana mestinya di lingkungan smadrasah dan bagi anggotanya yaitu para siswa memberikan manfaat pengalaman berorganisasi yang benar yang sesuai dengan manajemenya dengan menjadi anggota dan menjalankan ketatalaksanaan sebagai pengurusrn
T-2013/KI/026 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain