Skripsi
Upaya peningkatan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam melalui strategi pembelajaraan kooperatif tipe think pair share (TPS) pada siswa kelas IV MI Hayatul Wathon Raci Wetan Bungah Gresik
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan karena adanya hasil belajar IPS materi sumber daya alam yang rendah pada siswa Kelas IV MI Hayatul Wathon yang ditunjukkan oleh banyaknya hasil belajar siswa yang kurang dari nilai KKM yang ditenukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh strategi atau metode yang digunakan guru masih kurang maksimal, dan guru cenderung mengajarkan materi pada siswa dengan metode ceramah, membaca, dan menghafal. Serta sarana pembelajaran yang meliputi media, alat peraga, dan buku pegangan siswa yang terbatas. Oleh karena itu, perlu adanya pemecahan masalah yaitu menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).rn Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV MI Hayatul Wathon materi sumber daya alam mata pelajaran IPS sebelum diterapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS? (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IV MI Hayatul Wathon materi sumber daya alam mata pelajaran IPS? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Hayatul Wathon materi sumber daya alam mata pelajaran IPS melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS? rnTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV MI Hayatul Wathon materi sumber daya alam mata pelajaran IPS sebelum diterapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS (2) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IV MI Hayatul Wathon materi sumber daya alam mata pelajaran IPS (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Hayatul Wathon materi sumber daya alam mata pelajaran IPS melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).rnPenelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dihimpun berupa data hasil belajar siswa, data observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran.rnrnrnrnrnKesimpulan dari penelitian ini adalah sebelum diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS hasil belajar siswa kurang maximal sedangkan ssesudah diterapkannya strategi kooperatif tipe TPS hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai siswa pada tiap siklus mulai dari pra siklus dengan rata-rata 58,85 dengan prosentase ketuntasan 21,42% , sedangkan siklus I diperoleh rata-rata 71,92 dengan prosentase ketuntasan 42,85% dan siklus II diperoleh rata-rata 84,42 dengan prosentase ketuntasan 85,71%.rn
T-2013/PGMI/014 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain