Skripsi
Peningkatan penguasaan vocabulary bahasa Inggris materi daily needs dengan menggunakan media flashcard pada siswa kelas V SDI Tarbiyatul Athfal Rungkut Surabaya
Mata pelajaran bahasa Inggris di SDI Tarbiyatul Athfal Rungkut Surabaya masih belum bias mencapai hasil belajar yang maksimal, sehingga nilai hasil belajarnya masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya pemanfaatan media yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung. Menanggapi hal tersebut, maka dengan diterapkannya media flashcard melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi daily needs pada siswa kelas V SDI Tarbiyatul Athfal Rungkut Surabaya.rn Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penguasaan vocabulary pada Siswa Kelas V SDI Tarbiyatul Athfal Rungkut Surabaya sebelum diberi tindakan; (2) Untuk menerapkan media flashcard dalam proses mengajar vocabulary di SDI Tarbiyatul Athfal Rungkut Surabaya; (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan vocabulary pada Siswa Kelas V SDI Tarbiyatul Athfal Rungkut Surabaya setelah diberi tindakan.rnrn Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi; dan (4) tes.rnrnDari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V SDI Tarbiyatul Athfal Rungkut Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada hasil belajar sebelum diberi tindakan siswa yang tuntas hanya 20% sedangkan pada siklus I nilai rata-rata kelas 67,1 dan prosentase siswa yang tuntas mencapai 55%, kurangnya hasil belajar siswa ini maka dari itu butuh mereview ulang, agar memperoleh data yang maksimal, pada siklus II proses pembelajaran dengan menggunakan media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai rata-rata kelas 76,75 dan prosentase siswa yang tuntas 90%.rn
T-2013/PGMI/040 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain