Skripsi
Penerapan pembelajaran GI (Group Investigation) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VI MI Tarbiyatul Islam Karangrejo Ujungpangkah Gresik
Groupinvestigasiadalahstrategipembelajaran yang dirancang agar siswabekerjadalamkelompokuntukmemecahkanmasalahdanmengembangkanketerampilanmeneliti.rnJenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas yang dilaksanakandalamduasiklus. Permasalahandalampenelitianini adalah:1) Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran GI dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islam Karangrejo Ujungpangkah, 2) Apakahpembelajarankooperatif model Group Investigation (GI) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa kelas IV MI Tarbiyatul Islam KarangrejoUjungpangkah Gresik, 3) Bagaimanaresponsiswa kelas IV MI Tarbiyatul Islam KarangrejoUjungpangkah Gresikterhadappembelajarankooperatif model Group Investigation (GI) padapelajaran IPA. Tujuanpenelitianiniadalah: 1)Untukmengetahuiapakahpembelajarankooperatif model Group Investigation (GI) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa kelas IV MI Tarbiyatul Islam KarangrejoUjungpangkah Gresik, 2) Untuk mengetahui bagaimanaresponsiswa kelas IV MI Tarbiyatul Islam KarangrejoUjungpangkah Gresik terhadappembelajarankooperatif model Group Investigation (GI) padapelajaran IPA.rnData yang diperoleh dalam penelitian inibahwaskor rata-rata pengamatanketerlaksanaanpadasiklus I skor rata-rata 3,5berkategorisangatbaik dan pada siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 3,8. Hal iniberartipengelolaanpembelajaranmenggunakanmodel pembelajaran model GI yang diintegrasikandenganpembelajarankooperatifberlangsungdengansangatbaik. Pada pengelolaan waktu pada siklus mendapat kategori terendah, yaitu rata-rata 3,0 karena pada awalnya kurang dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu, tetapi setelah mendapat masukan dari pengamat, sehingga pada siklus II meningkat menjadi 4,0 karena guru dapat melaksanakan KBM sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Pada siklus I Pada saat pretest sebagian besar siswa tidak tuntas sedangkan pada saat posttes sebagian besar tuntas dan hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas dan pada siklus II pada saat pretest sebagian kecil siswa tidak tuntas sedangkan pada saat posttes semua siswa tuntas. Berdasarkan hasil analisis respon peserta didik yang telah didapatkan bahwa respon peserta didik terhadap strategi pembelajaran dengan model pembelajaran GI sebesar 4,253 atau berada pada skala sikap sangat setuju.rnPembelajaranmenggunakan model group investigationyang diajarkandenganmodelpembelajarankooperatifdapatmenuntaskanhasilbelajarprodukpadamateristruktur tumbuhansecara individual. Respon siswa terhadap pembelajaranmenggunakan model group investigation yangdiajarkandengan model pembelajarankooperatif sangat baik.rn
T-2013/PGMI/042 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain