Artikel
Perbandingan banyak kategori Respon terhadap Reabilitas Instrumen Disposisi Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan banyak kategori respon terhadap reliabilitas instrument disposisi matematika. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one way anava way anava 4X1. Populasi adalah seluruh siswa SMAN di Jakarta Pusat tahun ajaran 2012-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara multi stage random sampling sehingga diperoleh 765 sampael siswa dari 4 SMA Negeri di Jakarta Pusat. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) satu jalan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh banyak kategori respon terhadap reliabilitas instrument disposisi matematika (2) reliabilitas instrument disposisi matematika dengantujuh kategori respon lebih tinggi dari reliabilitas instrument disposisi matematika dengan lima kategori respon (3) reliabilitas instrument disposisi matematika gengan tujuh kategori respon lebih tinggi dari reliabilitas instrumen disposisi matematika dengan empat kategori respon, (4) reliabilitas instrument disposisi matematika dengan enam kategori respon lebih tinggi dari reliabilitas instrument disposisi matematika dengan empat kategori respon. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru matematika disekolah Menengah Atas dan bagi guru mata pelajaran lain pada umumnya untuk mempertimbangkan penambahan dua hingga tiga kategori respon pada instrument non tes karena lebih efektif untuk meningkatkan koefisien reliabilitas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain