Artikel
Pendanaan Pendidikan Anak Usia dini
Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendanaan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan bersaran sumbangan dana dari masing-masing sumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi didelapan kabupaten/kota. Metode penelitihan yang dugunakan dalam penelitian, yaitu deskriptif kuantitatif. HAsil studi menunjukkan bahwa: Pertama, pendanaan pendidikan anak usia dini umumnya masih bersumber dari pemerintah pusat dan daerah. NAmun, hal itu dirasakan masih belum mencukupi untuk biaya operasional pendidikan anak usia dini. Selama ini, pemerintah daerah masih mengutamakan program wajib belajar pendidikan dasar. Dana yang bersumber dari Masyarakat dan instansi/dunia usaha/ industry mash terbatas dan tergantung pada kemampuan ekonomi masyarakat dan kesediaan dari instansi/dunia usaha/Industri. Dana yang bersumber dari lembaga penyelenggara masih belum memadahi, hal ini sangat tergantung kemampuan ekonomi orangtua peserta didik. Kedua, bantuan dari pemerintah dan sumbangan masyarakat/instansi terkait berupa uang, Insentif Pendidikan, dan alat permainan edukatif, buku obat-obatan, dan pemeriksaan kesehatan bagi peserta didik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain