Artikel
PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DAN DERADIKALISASI DI KALANGAN MAHASISWA
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pendidikan Islam multikultural dan deradikalisi agama, dan menganalisis pengaruh pendidikan Islam Multikultura terhadap deradikalisasi agama. Penelitian ini dilaksanakan pada Mahasiswa Semester Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif korelasi. Instrumen pengumpul data untuk pendidikan Islam multikultural dan deradikalisasi agama menggunakan angket skala Likert dengan lima pilihan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, tingkat pendidikan Islam multikultural dan deradikalisasi agama termasuk kategori tinggi dan memuaskan. Kedua terdapat pengaruh positif dan signfikan pendidikan Islam multikultural terhadap deradikalisasi agama di kalangan mahasiswa. Pengaruh pendidikan Islam multikultural terhadap deradikalisasi agama sebesar 39,69%. Makin tinggi pendidikan Islam multikulutal makin tinggi deradikalisasi agama. Deradikalisasi agama pada mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pendidikan multikural. Karenanya pihak perguruan tinggi hendaknya mengimplementasikan multikulturalisme dalam segala aspek kehidupan kampus agar deradikaliasi agama di kalangan mahasiswa lebih tinggi lagi.
Ana2015404 | J 2X6.7/1 Ana | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain