Skripsi
Peningkatan pembelajaran PKn Materi tentang peraturan perundang-undangan lalu lintas melalui media gambar pada siswa kelas V semester I di MI Miftahul Huda Gadingrejo Kota Pasuruan
Skripsi yang ditulis oleh Amin Machfudah yang diajukan kepada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sebagai salah sarntu persyaratan dalam menyelesaikan Program Dual Mode System ini berjudul Peningkatan pembelajaran PKn Materi tentang peraturanrnperundang-undangan lalu lintas melalui media gambar pada siswa kelas V semester I di MI 0LIWDKXO+XGD*DGLQJUHMR.RWD3DVXUXDQ ́rnAdapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Pertama, bagaiman a penerapan pembelajaran PKn pada siswa kelas V di MI Miftahul Huda Gadingrejo Kota Pasuruan melalui media karturnbergambar ?. Kedua, apakah ada peningkatan pembelajran PKn parnda siswa kelas V di MI Miftahul Huda Gadingrejo melaluirnmedia kartu bergambar?. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penernlitian ini adalah pertama untuk menerapkan pembelajaran dengan melalui media kartu bergam bar , siswa kelas V MI Miftahul Huda Gadingrejo pada mata pelaja ran PKn. Kedua, dengan melalui media kartu bergambar diharapkan siswa dapat belajar dengan mudah darnlam memahami materi peraturan perundang-undangan lalu lintas pada mata pelaja ran PKn Kelas V semester 1 MI Miftahul Huda gadingrrejo Kota Pasuruan.rnTeori yang digunakan sebagai alat analisa pada penelitian ini diantaranya adalah penerapan media gambar pada materi perundrnangan lalu lintas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Rese arch (CAR). Classroom Action Research adalah Action Research yang dilaksanakan guru didalarnm kelas dalam bermacam aktivitas yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas belajar didalam kelas. Penelitianrnini berpusat pada sekelompok murid dan bertujuan untuk mengantirnsipasi problem yang dihadapi guru dalam menemukan teknik yang sesuai dalam meningkatkan pembelajaran PKn di MI Miftahul HudarnGadingrejo kota Pasuruan dengan menggunak an teknik tertentu sehingga memberikan dampak yang lebih baik dalam peningkatan pembelajaran PKn.rnHasil dari penelitian ini dalam penera pan Pembelajaran PKn dengan media kartu bergambar guru lebih mudah menjelaskan maternri pembelajaran pada siswa. Guru bertindak sebagai pembimbing, sedangkan siswa aktif dengan kegiatan pembelajaran. Hal ini diperjelas setelah melakukan siklus pertama sampai kedua yaitu berdasarkan rata-rata yang dicapai siswa yaitu 12,05 dengan peningkatan prosentase 16% mengalami peningkatan.Artinya adarnpeningkatan pembelajaran PKn melalui media kartu bergambarrnsiswa kelas V di MI.Miftahul Huda GAadingrejo Kota Pasuruan.
T-2014/PGMI/16 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain