Skripsi
Hubungan jasa layanan pendidikan dengan kepuasan pelanggan pendidikan pondok pesantren putri Mathlabul Ulum Lenteng rnSumenep
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab bagaimana jasa layanan pendidikan di pondok pesantren Mathlabul Ulum putri Lenteng Sumenep, bagaimana kepuasan pelanggan, apakah ada hubungan antara jasa layanan pendidikan dengan kepuasan pelanggan. Adapun jenis dalam penelitian ini adalah penelitian rnkorelasional kuantitatif (Eksplanatory). Penelitian Eksplanatory ialah penelitian yang menjelaskan atau menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Adapun yang menjadi populasi rndalam penelitian ini adalah semua santriwati pondok Pesantren Mathlabul Ulum Putri Lenteng Sumenep yang berjumlah 197 santriwati. Sedangkan sampel yang diambil berjumlah 130 orang dengan hasil dari rumus metode Isaac dan Michael. Teknik rndalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Adapun metode pengumpulan datanya dengan obeservasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk menganalisis data dari jasa layanan dan kepuasan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan untuk menganalisis hipotesis menggunakan analisis Product Moment. rnSemua analisis itu dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0 Setelah penelitian dilakukan maka ditemukan jawaban tentang jasa layanan pendidikan dengan katagori sangat baik, dihasilkan dari perhitungan mean 90.24, merujuk pada tabel katagorisasi jasa layanan pendidikan yaitu 88 104 dengan rnkatagori sangat baik. Sedangkan kepuasan pelanggan masuk dalam katagori puas dengan hasil mean 16.43 sesuai dengan katagorisasi kepuasan pelanggan pendidikan yaitu 13.9-17.1 dengan katagori puas. Sedangkan hasil hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara jasa layanan pendidikan dengan kepuasan rnpelanggan pendidikan, dihasilkan nilai koefisien korelasi yaitu 0,321. angka tersebut merupakan hasil koefisiensi korelasi atau disebut dengan r hitung, merujuk pada r tabel dengan taraf signifikansi 0.05 r tabel dari sampel 130 adalah 0,176. Maka dalam hal ini dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada korelasi yang signifikan antara jasa layanan pendidikan dengan kepuasan pelanggan pendidikan.
T-2014/KI/064 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain