Skripsi
Relevansi konsep pendidikan Entrepreneurship Ippho santosa dalam pendidikan Islam
Perkembangan zaman yang semakin dinamis menjadi tantangan besar bagi dunia pendidikan, terutama pendidikan Islam. Dalam konteks kekinian, sebagai upaya menyiapkan manusia yang terampil dan mempunyai kemandirian, banyak dikembangkan pendidikan Islam yang berbasis entrepreneurship. Pendidikan entrepreneurship adalah hal yang sangat penting sebagai upaya merealisasikan tujuan dan mengembangkan pendidikan Islam. Jika dijabarkan dari aspek tujuan pendidikan Islam untuk membina mentalitas dan penguasaan keterampilan di sinilah entrepreneurship hadir atau ada. Pendidikan Islam berbasis entrepreneurship bertujuan menghasilkan para entrepreneur dengan harapan akan menjadi sumber-rnsumber kesejahteraan bagi masyarakat terlebih lagi untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. rnPenulisan penelitian ini merupakan kajian pustaka (library research) yang bersifat kualitatif deskriptif, yang menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah metode deskripsi, interpretasi dan komparasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rn(a) Apa yang dimaksud pendidikan entrepreneurship? (b) Bagaimana konsep Pendidikan entrepreneurship perspektif Ippho Santosa? (c) Bagaimana relevansi konsep Pendidikan Entrepreneurship perspektif Ippho Santosa dengan Pendidikan rnIslam? rnKesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah bahwa pendidikan rnentrepreneurship adalah satu konsep pendidikan yang memberikan semangat pada peserta didik untuk kreatif dalam mengerjakan sesuatu hal. Pola pendidikan sedemikian ini menuntut peserta didik untuk bisa produktif. Menurut Ippho seorang entrepreneur adalah seseorang yang berani menanggung resiko dan segala rnketidakpastian, mencermati peluang, membangun dan mengembangkan relasi, bermanfaat sesama, membangun kemandirian. Mengupayakan untuk menjadi entrepreneur adalah wajib hukumnya semata-mata untuk memberikan kontribusi yang besar terhadap pribadi, sesama dan bangsa. Seorang entrepreneur sejati adalah selalu melandasi setiap langkahnya sesuai dengan ajaran Islam dan meneladani cara-rncara yang dicontohkan oleh Rasulullah. Prinsip-prinsip entrepreneurship dalam pandangan Ippho secara garis besar mengadopsi dari keteladanan entrepreneurship yang di contohkan oleh Rasulullah sehingga seorang entrepreneur sejati tidak boleh rnbersebrangan dengan prinsip-prinsip Islam. Relevansi konsep entrepreneurship Ippho Santosa dengan pendidikan Islam setidaknya dapat ditinjau dari tiga aspek yaitu : rnkurikulum pendidikan Islam, pendekatan pembelajaran dan materi pendidikan Islam.
T-2014/PAI/129 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain