Skripsi
Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life Skills) dan relevansinya dengan pendidikan Islam di MA Darul Ulum Jetis Kabupaten Mojokerto
Dalam pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup di MA Darul Ulum Jetis Mojokerto ini bertujuan untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi kehidupan yang riil dan untuk mengetahui relevansi pendidikan kecakapan hidup dengan pendidikan Islam.rnPenelitian ini menggunakan jenis penelitain kualitatif yaitu dengan menggambarkan keadaan yang sebenarnya tanpa mengubah menjadi angka atau simbol. Motode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis nonstatistik dan metode deskriptif.rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan kecakapan hidup di MA Darul Ulum Jetis Mojokerto sudah realisasi dengan baik karena dalam proses pebelajarannya menggunakan prinsip pada kurikulum berbasis kompetensi dan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar secara teori dan praktek bekerjasamarndengan dinas pendidikan dan ketenagakerjaan yang terkait. Ini sesuai dengan prinsip dan tujuan dari pendidikan Islam yakni pendidikan dapat diorientasikan utnuk mencari penghasilan hidup atau mencai nafkah.rnBerdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan pelaksanaan darirnpendidikan kecakapan hidup di MA Darul Ulum Jetis Mojokerto dapat memberikan bekal ketrampilan untuk dapat memecahkan permasalahan kehidupan riil yang dihadapi sehari-hari seperti kemiskinan, pengangguran dan kriminalitas serta dapat memberikan wawasan yang luas tentang pengembangan karir dan pendidikan ini diharapkan memberikan pendidikan kemandirian dan ketrampilan pada siswa untukrnmengantisipasi memasuki dunia kerja apabila mereka tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
T-2014/PAI/18 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain