Skripsi
Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam al-Qur’an surah Yusuf rnayat 8-18
Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh adanya kegelisahan tentang merosotnya akhlak di kalangan bangsa. Adanya tindak kriminal, kezaliman, degradasi moral bangsa di semua kalangan masyarakat merupakan penyebab kemerosotan akhlak. Pendidikan adalah sebagai suatu alat untuk menanggapi permasalahan tersebut. Menyadari pentingnya kedudukan dan fungsi Al-Qur’an bagi umat manusia, maka dari keadaan inilah penulis tertarik untuk mengkaji lebih mendalam nilai-nilai pendidikan akhlak yang tertuang dalam QS.Yusuf: 8-18. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam QS.Yusuf ayat 8-18.rnPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data primernya adalah QS.Yusuf: 8-18. Sedangkan data sekundernya berupa hadits-hadits Rasulullah SAW sebagai pelengkap dan penyempurna, dan juga kitab-kitab tafsir, kemudian sumber tersiernya adalah buku-buku atau tulisan yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Untuk kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan psikologis-sosiologis dan metode pembahasan tafsir dalam skripsi ini adalah metode maudhu’I muqayyad (tematik) dengan analisis kualitatif, kemudian diolah kembali dengan metode deduktif, induktif dan interpretatif.rnHasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Akhlak yang terdapat dalam Al-Qur’an surah Yusuf ayat 8-18 meliputi: Akhlaqul Karimah; sabar dan Akhlaqul Madzmumah; su’u dzhon (berburuk sangka), hasad (dengki), kadzib (dusta), zalim, khianat dan munafik. rn
T-2014/PAI/113 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain