Artikel
Transformasi Konsep diri muslimah dalam hijabres comunity
Meskipun beberapa pihak berspekulasi bahwa fenomena maraknya model jilbab atau hijab belakangan ini tidak lain merupakan fenomena komersialisasi atau komodifikasi agama, namun tulisan ini melihat fenomena ini dalam perspektif yang lain. Dengan menggunakan studi kasus, tulisan ini melihat secara positif bahwa model-model baru hijab tidak hanya telah memberikan sejumlah alternatif gaya berbusana muslimah, tetapi juga telah mengubah cara pandang masyarakat tentang jilbab yang dalam skala lebih luas telah mentransformasi konsep diri mereka sebagai muslimah modern. Sebagai salah satu komunitas yang bertujuan untuk mengangkat citra hijab secara sosial, Hijabers Community Bandung memiliki andil dalam mentransformasi konsep diri seorang muslimah. Hijab yang pada awalnya dipandang sebagai sesuatu yang menghalangi mereka untuk berpenampilan menarik telah mengalami perubahan signifikan. Dengan mengenakan hijab model tertentu, justru mereka tetap modis tanpa harus meninggalkan kewajiban. Demikian juga secara psikis, hijab telah mentransformasi mereka menjadi pribadi yang lebih santun dan mengalami peningkatan kualitas spiritual. Sementara itu secara sosial, hijab telah mentransformasi secara positif kualitas pergaulan sosial mereka.
Tah 20160359 | J 001.4/2 Tah | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain