Artikel
Penguasaan konsep mahasiswa pada mata kuliah zoologi vertebrata melalui team-based learning dan hubungannya dengan keterampilan berpikir kritis
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep mahasiswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis kelompok, serta menganalisis hubungannya dengan keterampilan berpkir kritis. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan disain penelitian pretest - postest control group design. Sampel penelitian terdiri atas 40 orang mahasiswa yang mengikuti kuliah zoologi vertebrata sebagai kelas eksperimen dan 45 orang mahasiswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianalisis statistik menggunakan SPSS 16 meliputi analisis uji beda rerata (uji t), effect size, dan uji korelasi Pearson two tail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep mahasiswa pada kelas ekpserimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari uji beda rerata (uji t) N-gain () yang menunjukkan beda signifikan (α=5%), dan nilai efect size (d) sebesar 0.68 (kategori tinggi). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis memiliki hubungan positif dengan penguasaan konsep mahasiswa dengan nilai koofesien determinasi sebesar 0.4058 yang berarti bahwa keterampilan berpikir kritis memberikan kontribusi sebesar 40.58% terhadap penguasaan konsep mahasiswa.
Edu 20180008 | J 370 Edu | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain