Artikel
Kesiapan belajar mandiri guru sekolah dasar: studi kasus pada program studi pgsd pada fkip universitas terbuka
Penelitian ini bertujuan melakukan analisis tentang kesiapan belajar mandiri dan gaya belajar guru yang menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka. Penelitian dilakukan tahun 2015 dengan metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian ditetapkan melalui teknik penetapan sampel secara purposif, yaitu guru yang menjadi mahasiswa pada semester pertama pada program studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Terbuka (PGSD, FKIP-UT). Data diperoleh melalui survei (kuesioner) yang diberikan kepada 279 mahasiswa guru yang teregistrasi di Unit Program Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Bandung. Hasil survei kemudian ditindaklanjuti dengan diskusi kelompok terpimpin (Focus Group Discussion - FGD untuk mendalami hasil penelitian yang diperoleh melalui survei. FGD memfokuskan pendalaman pada fasilitasi layanan kesiapan belajar mahasiswa guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian mahasiswa guru berada pada kategori ‘sedang’. Sementara itu, dari aspek gaya belajar, mahasiswa guru memiliki kecenderungan belajar auditori. Hal ini ditegaskan melalui FGD bahwa mereka umumnya masih mengharapkan adanya fasilitasi layanan belajar berupa pembimbingan langsung oleh tutor secara tatap muka selama studi di UT. Temuan tersebut diperkuat adanya kecenderungan gaya belajar mahasiswa guru yang didominasi secara auditori.
Pen 20180129 | J 370/4 Pen | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain