Artikel
Analisis pengembangan karakter, keterampilan proses sains, dan penguasaan konsep siswa pada topik koloid melalui pembelajaran inkuiri terbimbing
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis mind map Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu model pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai karakter, keterampilan proses sains, dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dirancang dengan metode kuasi eksperimen, dengan bentuk “the two-group pretest-postest design”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir tes keterampilan proses sains dan penguasaan konsep, lembar kerja siswa, lembar observasi, dan angket siswa dan guru. Subyek penelitian ini adalah siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kampar Riau sebanyak 24 orang kelas eksperimen dan 24 orang kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan karakter siswa, meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep koloid siswa yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Edu 20180152 | J 370 Edu | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain