Skripsi
Analisis level respon siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan taksonomi Solo plus
Seorang guru dituntut untuk mampu dalam menanamkan konsep matematika kepada rnsiswanya dengan benar agar siswa mampu melakukan penalaran matematika yaitu berpikir logis serta mampu membimbing siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. geometri merupakan ilmu yang tidak hanya berhubungan dengan matematika saja, akan tetapi pembelajaran geometri juga mendukung untuk mempelajari berbagai cabang ilmu pengetahuan yang lain. Manfaat belajar geometri antara lain dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, penalaran dan memudahkan dalam mempelajari berbagai topik matematika. Namun banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar geometri karena di dalamnya terdapat banyak konsep dan prinsip yang dipelajari. Maka hal ini rnperlu adanya suatu evaluasi pembelajaran. Sebagai langkah awal melakukan evaluasi, guru dapat melihat dan menelusuri kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi tersebut. Penelusuran dapat dilakukan melalui pengamatan selama pembelajaran berlangsung atau melihat respon siswa rndalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Taksonomi SOLO plus adalah salah satu alat yang mudah untuk mengetahui kualitas respon siswa terhadap suatu masalah. Taksonomi SOLO plus mengelompokkan respon siswa pada 7 level berbeda yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, semirelasional, Relasional, abstrak dan extended abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan level respon siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan taksonomi SOLO plus. rnPenelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah enam siswa dari 38 siswa dalam satu kelas. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan: terdapat tiga subjek yang berada pada level unistruktural yaitu BD, AJ dan RY. Satu subjek pada level semirelasional yaitu AM. Satu subjek pada level relasional yaitu NR dan satu subjek pada level abstrak yaitu ZF.
T-2013/PMT/060 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain