Skripsi
Fa'aliyah istikhdam istiratijiyah i'tha' al daur li tarqiyah maharal kalam al talamidz fi al fashl al fashl al asyir bi al madrasah al tsanawiyah al Islamiyah Manbaul Ma'arif Mantor Sampang
penelitian ini berjudul Efektitas Penerapan Strategi Pemberian Peran untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas X Madrasah Aliyah Mambaul Ma’arif Montor Sampang. Dengan rumusan masalah 1). Bagaimana penerapan strategi Pemberian Peran dalam meningkatkan maharah Kalam siswa?, 2). Bagaimana kemampuan maharah kalam siswa dengan menggunakan strategi Pemberian Peran?, 3). Bagaimana efektifitas strategi Pemberian Peran dalam meningkatkan maharah Kalam siswa?. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui penerapan strategi Pemberian Peran untuk mengetahui maharah kalam siswa, 2. Untuk mengetahui maharah kalam siswa dengan menggunakan strategi Pemberian Peran, 3. Untuk mengetahui efektifitas strategi Pemberian Peran dalam meningkatkan maharah kalam siswa kelas X Madarasah Aliyah Mambaul Ma’arif Montor Sampang.rnStrategi Pemberian Peran memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan strategi atau metode yang biasanya digunakan di dalam kelas. Salah satu kelebihannya adalah siswa dapat mengeluarkan pendapat atau isi pikiran mereka tanpa harus merasa takut salah dalam pengucapannya. Dengan begitu siswa dapat dengan mudah memahami materi bahasa Arab yabg diberikan oleh guru sehingga siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.rnMetode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitaif untuk instrument tes, angket dan observasi dengan desain penelitian pre test- pos test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Manbaul Ma’arif Montor Sampang sedangkan instrument yang dipakai adalah tes, angket dan observasi.rnAdapun untuk menjawab rumusan masalah di atas, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan T tes dan Prosentase. Karena jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan cara membagi variable menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang menggunakan strategi pemberian peran (kelompok eksperimen) dan kelompok yang tidak menggunakan strategi pemberian peran (kelompok control). Maka untuk mengetahui perbandingannya dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok ekspperimen dari 6,55 (pre test) menjadi 8 (pos test), dan kelompok control 6,3 (pre test) menjadi 6 (pos test). Dari hasil perhitungan uji t, diperoleh to sebesar 7,751 angka ini jauh lebih besar dibandingkan tt pada taraf 5% yaitu 2,03 dan taraf 1% 2,72 (2,032,72)rn
T-2013/PBA/010 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain