Artikel
All Librarians are Public Relations: Public Relations as a Personal Competencies towards Professional Librarian in 21st Century
Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Yang menjadikan profesi pustakawan berbeda adalah adanya Information Literacy Skill, di mana Pustakawan memastikan pemustaka mengetahui di mana mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi tersebut. Namun ada kolaborasi dari kompetensi profesi lain yang dapat membuat pustakawan menjadi lebih luas, tidak hanya fokus pada kompetensi profesional, namun juga kompetensi personal, pendekatan kompetensi profesi Public Relations menjadi penting ketika pustakawan menggunakan kompetensi ini untuk diaplikasikan di perpustakaan dalam menjalin komunikasi positif, penyebaran informasi layanan dan fasilitas di Perpustakaan. Pustakawan pula sebagai Public Relations di Perpustakaan yang akan membuat citra, strategi komunikasi dan publikasi, kerjasama, dan program literasi bagi pemustaka maupun masyarakat luas. Oleh karena itu, Public Relations menjadi salah satu personal competencies yang harus dimiliki pustakawan profesional di abad 21.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain