Artikel
Kualitas soal frediksi ujian nasional hasil diklat Ujian Nasional Guru Bahasa Inggris MA tahun 2019
Evaluasi atau Ujian adalah kegiatan yang tidak terpisahkan dari kegitan belajar mengajar yang dilaku kan oleh guru. Evaluasi dalam proses pembelajaran mempunyai peran yang sanagat penting kerena dengan evaluasi guru akan mendapatkan informasi tentang, tingkat kompetensi peserta didik, tingkat efektifitas sebuah pembelajaran. Untuk itu guru perlu diberikan kompetensi bagaimana menyusun sebuah alat evalua si yang memadai agar bisa memberikan gambaran yang tepat. Focus penelitian ini adalah : 1] Bagaimana efektifititas pengecoh dari tes yang dikembangkan oleh peserta Diklat ? 2] Bagaimana prosentase penyebaran soal ditinjau dari tingkat kesukarannya ? 3] Bagaimana kualitas soal ditinjau dari sudut daya bedan ya ? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kulitatif, dengan subyek penelitian sejumlah 35 orang guru Bahasa Inggris peserta Diklat. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi nilai hasil uji coba tes prediksi yang dikembangkan perseta Diklat dan dianalisis dengan Anates Versi 04. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektifitas pengecoh masih belum baik, tingkat kesukaran soal juga masih banyak yang terlalu sulit dan terlalu mudah, sedangkan daya beda soal lebih dari 50 % soal dengan daya beda jelek
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain