Artikel
Perbaikan hasil belajar siswa materi PLTV melalui implementasi model Discovery Learning berbasis Saintifik
Analisis awal memberikan gambaran bahwa pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Mojoanyar pemahaman materi persamaan linier tiga variabel (PLTV) masih rendah sehingga hasil belajar juga rendah, dan siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut terindikasi karena proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher center), dan minimnya inovasi pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang dilakukan adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model discovery learning berbasis saintifik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar Kabupaten Mojokerto pada materi PLTV. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus perbaikan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan tindakan yang diberikan adalah menerapkan model discovery learning berbasis saintifik pada materi PLTV. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019 di kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa [1] Keterlaksanaan RPP menunjukkan bahwa RPP dapat terlaksana dengan baik, [2] Aktivitas siswa menunjukkan aktivitas berpusat pada siswa (student centered learning) dan siswa sangat antusias menyelesaikan tugas untuk mengkontruk pengetahuan sendiri, [3] Respon siswa setelah penerapan model discovery learning berbasis saintifik menunjukkan respon positif, dan [4] Ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai pada siklus kedua dengan prosentase 90.91 %.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain