Artikel
Penerapan pendekatan Saintifik berbasis 4C untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Aktivitas Manusia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi aktivitas manusia melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis 4C (comunication, collaborative, critical thinking, dan cre-ativity) di kelas VII B SMP Negeri 1 Mojoanyar Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Januari - Februari 2020 melalui dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Mojoanyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik berbasis 4C dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Mojoanyar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi aktivitas manusia. Hasil tersebut terlihat dari beberapa indikator, diantaranya: [1] meningkatnya keterlaksanaan RPP dari 3.08 pada siklus pertama menjadi 3.50 pada siklus kedua, [2] hasil tes belajar siswa menunjukkan peningkatan dari ketuntasan secara klasikal 78.13 % pada siklus pertama menjadi 87.50 % pada siklus kedua, [3] aktivitas siswa menunjukkan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa pada kedua siklus dengan prosentase keaktifan 91.89 % pada siklus pertama naik menjadi 94.44% pada siklus kedua
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain