Artikel
Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Seni Rupa Poster Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dengan Pendekatan Joyful Learning Pada Siswa
ujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI MIPA 7 MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2019/2020 dengan materi seni rupa poster melalui pendekatan Joyful Learning.Penelitian ini berbentuk deskriptif komperatif dilaksanakan di MAN 1 Lamongan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan di dalam kelas dengan tema karya yang sudah ditentukan, sedang siklus II, pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan tema bebas. Pada masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan penelitian; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisa secara deskriptif komperatif dilanjutkan refleksi. Deskriptif komperatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2, baik untuk aktivitas belajar dan hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Joyfull Learning menjadikan aktivitas belajar seni budaya mengalami peningkatan dari rerata skor 3.2 pada kondisi awal menjadi 4.2 pada kondisi akhir, berarti meningkat 1. Persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari 30% menjadi 90%, berarti meningkat 60%. Hasil belajar mengalami peningkatan dari rerata 58 pada kondisi awal menjadi 83 pada kondisi akhir, berarti meningkat 75. Persentase jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 37% menjadi 93%, berarti meningkat 56%. Dengan demikian metode Joyfull Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar seni budaya materi berkarya seni rupa dua dimensi membuat poster bagi siswa kelas XI MIPA 7 Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan pada semester 3 tahun pelajaran 2019/2020.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain