Artikel
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Wilayah dan Tata Ruang Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)
Dalam materi Konsep Wilayah dan Tata Ruang Siswa banyak mengalami kendala. Hal inilah yang menuntut guru untuk lebih profesional dengan menggunakan metode-metode yang menarik. Salah satunya menggunakan metode kooperatif model Pembelajaran Kooperatif Model Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini menggunakan action research sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui langkah-langkah pembelajaran TAPPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep wilayah dan tata ruang, (2) ingin mengetahui keberhasilan pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep wilayah dan tata ruang, dan (3) ingin mengetahui keunggulan dan kelemahan metode TAPPS dalam pembelajaran hasil belajar siswa pada konsep wilayah dan tata ruang. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (50%), siklus II (82,3%). Kesimpulan penelitian ini adalah metode kooperatif model TAPPS dapat berpengaruh positif terhadap Hasil belajar Siswa kelas XII IPS 2, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran geografi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain