Artikel
Penggunaan UKBM Dalam E-Learning Berbantuan Wa Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kimia Larutan Asam Basa Dalam New Normal Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran jarak jauh selama masa new normal pandemi covid-19 tahun 2021 pada siswa kelas XI MIPA-5 tahun pelajaran 2020/2021 MAN 1 Lamongan dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan pada materi larutan asam basa. Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu perencanaan tindakan dan observasi refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan urutan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila ≥85% dari jumlah siswa telah mencapai KKM hasil belajar 75 dengan predikat memuaskan. Dari hasil penelitian, diperoleh peningkatan peresentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II yakni sebesar 46,10%. Dari sebelumnya 31,4% menjadi 77,16% setelah tindakan. Dan peningkatan nilai rata-rata sebesar 30 (sebelum tindakan sebesar 55 dan setelah tindakan sebesar 85). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan UKBM dalam e-learning berbantuan WA selama masa new normal pandemic covid-19 dapat meningkatkan hasil pembelajaran larutan asam basa siswa dikelas XI MIPA-5 MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2020/2021
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain