Artikel
Peningkatan prestasi belajar Fisika dengan media laboratorium virtual PhET pada pokok bahasan listrik dinamis
Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan penciptaan suasana yang menyenangkan sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis. media Laboratorium Virtual PhET diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar karena siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: [a] Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan media laboratorium virtual PhET. [b] Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dengan media laboratorium virtual PhET. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas(classroom action research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Kegiatan (tindakan), Pengamatan (Observasi) dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA-3 MAN 2 Mojokerto. Data yang diperoleh berupahasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2 yaitu, siklus 1 sebesar 59,37 %, dan siklus 2 menjadi 87,5 %. Pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai yaitu sebanyak 80 % lebih siswa memperoleh nilai di atas KKM (KKM = 71). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media laboratorium virtual PhET dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XII 104IPA-3 MAN 2 Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020 dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain