Artikel
Pengaruh Soft Skill Pendidik dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Semarang
Stres akademik adalah suatu kondisi berupa gangguan fisik, mental atau emosional yang disebabkan ketidaksesuaian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki peserta didik sehingga mereka semakin terbebani dengan berbagai tekanan dan tuntutan di sekolah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang soft skills pendidik dan efikasi diri yang bermuara pada stres akademik siswa MAN Tengaran Kabupaten Semarang. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik klas XII. Sampel penelitian sebanyak 125 responden di tetapkan menggunakan quota random sampling. Teknik analisa data dalam penelitian ini dengan model analisa regresi dengan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 21.0. Berdasarkan pengolahan data penelitian, maka dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) soft skills pendidik berpengaruh signifikan terhadap stres akademik siswa sebesar 42,1% (2) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap stres akademik siswa sebesar 49,5%. (3) soft skills pendidik dan efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap stres akademik siswa sebesar 56,7%. Saran yang diberikan (1) pendidik hendaknya terus memperbaiki komunikasi dan interaksi sosial dengan peserta didik, sehingga subjek didik dapat melakukan aktivitasnya dengan senang hati tanpa paksaan apapun (2) pendidik harus lebih proaktif memotivasi diri siswa dan membangun keyakinan diri siswa agar siswa mampu bangkit dalam mengatasi persoalan belajarnya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain