Artikel
Tingkat Kepuasan Masyarakat Atas Layanan Keagamaan yang Diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Buddha Tahun Layanan 2018
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Buddha merupakan satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama yang memiliki tugas melakukan pelayanan terhadap umat agama Buddha. Layanan keagamaan ini telah diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Buddha sejak tahun 2007. Penelitian ini hendak melihat apakah pelayanan keagamaan yang dilakukan Ditjen Bimas Buddha ini memenuhi kepuasan masyarakat pengguna layanan yang sebagian berkultur desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan keagamaan Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama pada tahun layanan 2018, dan 2) unsur pelayanan yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan di tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui survey secara online berupa e-questionair kepada responden di 34 provinsi. Analisisnya menggunakan metode servqual yang bersesuaian dengan Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat. Temuan penelitian ini adalah: 1) tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan keagamaan Ditjen Bimas Buddha Kemenag pada tahun layanan 2018 adalah sebesar 3,0045 pada skala 4 kategori “C” dengan mutu “Kurang Baik”, 2) unsur pelayanan yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan di tahun 2019 adalah unsur sarana dan prasarana khususnya pada kapasitas ruang pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana, unsur waktu pelayanan khususnya ketepatan waktu penyerahan produk pelayanan, dan percepatan penyerahan produk pelayanan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain