Artikel
Peran Keluarga sebagai Pendamping Belajar Anak dalam Meraih Prestasi Belajar
Tujuan kajian adalah untuk mengetahui tentang peran orang tua sebagai pendamping belajar anak, guna meraih keberhasilan prestasi belajar melalui pemanfaatan jasa informasi perpustakaan. Kajian ini merupakan pendekatan sejarah (historical approach),dengan menggunakan kajian studi pustaka (library research). Analisis dilakukan dengan analisa diskriptif kualitatif, sumber analisa berasal dari kajian bahan-bahan pustaka yang berisi teoritis, penelitian dan kajian bukan penelitian, serta menggunakan analis isi (content analysis). Observasi atau pengamatan digunakan sebagai pelengkap untuk mendukung konstruksi teoritis. Hasil Kajian adalah: (1). Pendampingan orang tua dalam belajar anak sangat utama dan memiliki adil yang besar dalam menghantarkan anak untuk sukses meraih prestasi belajar. (2). Pendampingan belajar pada anak, akan menumbuhkan minat baca, selanjutnya berkembang menjadi kegemaran membaca. Dari kegemaran membaca kemudian meningkat lagi menjadi kebiasaan membaca. Proses yang panjang dari kebiasaan membaca pada akhirnya mempola dalam diri anak, sehingga terwujudkan menjadi budayamembaca. (3). Dalam pendampingan belajar sangat penting untuk memperkenalkan dan memanfaatkan layanan jasa informasi perpustakaan. (4). Memperkenalkan dan memanfaatkan layanan jasa informasi perpustakaan sejak dini kepada anak sangat penting, agar terinternalisasi dan terbingkai pemikiran pada anak bahwa apabila ingin pandai dan berprestasi dengan memiliki nilai bagus di sekolah harus membaca koleksi yang selalu tersedia di perpustakaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain