Artikel
Urgensi Komunikasi Antar Pribadi dalam Menunjang Pelayanan Prima Perpustakaan
Tulisan ini bermaksut menjelaskan tentang makna komunikasi antar pribadi, cara melakukan komunikasi Antar Pribadi yang efektif. Perpustakaan merupakan lembaga yang bergerak dibidang jasa dan informasi. Produk utama perpustakaan adalah menyediakan jasa dan layanan informasi kepada khalayak yang membutuhkan. Dalam hal ini salah satu faktor kesuksesan perpustakaan adalah kemampuan komunikasi antar pribadi yang dimiliki pustakawan dalam melayani kebutuhan informasi pemustaka. sopan santun dalam berbicara, berpenampilan menarik, tulus dan mampu memahami karakter pemustaka yang beragam sangat diperlukan dan untuk terus di tingkatkan guna terwujudnya pelayanan prima kepada pemustaka. Kemampuan komunikasi pustakawan dalam melakukan komunikasi antar pribadi tidak saja berfungsi untuk melayani pemustaka, keterampilan tersebut juga diperlukan saat bekerja dengan team, membangun jaringan, mampu menyelesaikan konflik dengan team maupun dengan pemustaka. dalam memupuk keterampilan tersebut, maka diperlukan pengetahuan mengenal diri sendiri sehingga dalam makalah ini dibahas pula beragam karakter diri dan karakter pemustaka, serta cara-cara menyikapinya. Kemampuan komunikasi Antar pribadi yang efektif memegang peranan penting dalam menunjang keberhasilan kerja perpustakaan. Dengan demikian kemampuan ini perlu mendapat perhatian dari lembaga induk untuk memasukkannya ke agenda rutin pengembangan perpustakaan agar tercipta Sumber Daya Manusia yang memiliki kesiapan dan mental yang matang dalam melakukan pelayanan informasi masyarakat.
0709012017 | J 020.2 Pus | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain