Artikel
Emotion intelligence and polite character of elementary school students : a corelation studies = Kecerdasan emosional dan karakter santun siswa sekolah dasar : studi korelasi
Degradasi moral dan mental siswa menunjukkan rendahnya kecerdasan emosional di berbagai negara termasuk Indonesia, dengan indikator hilangnya sopan santun, bahasa yang buruk, perundungan, tawuran, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap perilaku. karakter siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah al-Islam Balesari, Magelang, Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan analisis regresi linier sederhana berbantuan software SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kecerdasan emosional pada kelas eksperimen sebesar 79,4% (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 72% (level sedang). Sedangkan karakter budi pekerti pada kelas eksperimen sebesar 79% (kategori sangat baik), dan pada kelas kontrol sebesar 72% (kategori cukup). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap budi pekerti dan karakter siswa. Hasil uji regresi sederhana pada kelas eksperimen diperoleh Y = 11,354.–0,861 dengan nilai signifikan 0,00. Nilai signifikansi < 0,05 (0,00
16/02/2022-19 | J 370.5 Ino | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain