Artikel
Mengurangi kecemasan pemustaka dalam proses penelusuran informasi melalui layanan virtual referens di perpustakaan perguruan tinggi
Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangani kebutuhan informasi, setiap orang memiliki perbedaan yang berbeda dalam mencari dan mengelola sumber informasi. Hal ini terkait dengan perbedaan kemampuan dan kepercayaan diri masing-masing orang. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana layanan referensi virtual yang disediakan oleh perpustakaan perguruan tinggi dapat membantu mengurangi kecemasan kebutuhan informasi pengguna. Kajian artikel ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mengkaji beberapa literatur terkait kegiatan penelusuran informasi dan bentuk layanan referensi yang dapat diterapkan di perpustakaan perguruan tinggi. Hasil dari artikel ini menjelaskan bahwa, untuk membantu mengurangi kecemasan akan kebutuhan informasi para pengguna dalam pencarian informasi, antara lain dapat dilakukan dengan menyediakan layanan referensi virtual. Bentuk layanan referensi virtual yang dapat dilakukan di perpustakaan universitas seperti: layanan konsultasi penelitian yang dilakukan oleh perpustakaan Singapore Management University, live chat dan pemberian informasi berupa video yang dilakukan oleh perpustakaan University of Kentucky, panduan penelitian dilakukan oleh perpustakaan Universitas Harvard, layanan tanya pustakawan, layanan asisten peneliti dan sebagainya.
018-13022017/7 | J 020.5/1 Ber | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain