Artikel
Meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam Aljabar Abstrak melalui pembelajaran berdasarkan teori APOS :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pemahaman mahasiswa dalam aljabar abstrak masih jauh dari memuaskan. Ada banyak hal yang diduga sebagai penyebab, salah satu diantaranya adalah pendekatan pembelajaran yang dipakai.Dalam pendekatan tradisional kegiatan perkuliahannya meliputi penyampaian definisi, lema, teorema dan membuktikan lema dan teorema tersebut. Kegiatan perkuliahan seperti ini memposisikan mahasiswa sebagai penerima yang pasif, tidak kreatif, tidak kritis dan tidak terbiasa untuk beradu argumentasi. Akibatnya, semua konsep yang dipelajari hanya singgah sebentar di kepala mahasiswa dan kemudian dilupakan. Dalam pendekatan teori APOS, pembelajaran di kelas didominasi oleh mahasiswa.Mahasiswa diposisikan sebagai individu yang aktif mengkonstruksi pengetahuan dan bersama-sama dengan mahasiswa lain berusaha memahami ide-ide matematika. Staf pengajar dalam hal ini hanya berperan sebagai penyedia lingkungan yang memungkinkan mahasiswa mudah mengkonstruksi pengetahuannya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain