Artikel
Kreativitas berpikir siswa dan perilaku dalam tes :
Tes esai dan objektif mengajukan tuntutan yang berbeda kepada siswa. Tes esai mendorong siswa menguasai materi secara komprehensif karena meminta siswa mengekspresikan gagasan. Disisi lain untuk mempersiapkan tes objektif, siswa cukup menghafal materi pelajaran secara mekanis. Siswa yang mempunyai kreativitas berpikir berbeda menyukai bentuk tes yang berbeda. Siswa yang mempunyai kreativitas berpikir tinggi mempunyai strategi yang bervariasi untuk memecahkan masalah dan dapat menciptakan pemecahan secara kreatif. Sebaliknya siswa yang mempunyai kreativitas berpikir rendah mengalami kesulitan memecahkan masalah baru yang tidak dapat dipecahkan menggunakan strategi yang dimiliki. Akibatnya, siswa yang mempunyai kreativitas berpikir tinggi lebih menyukai tes esai, sedang siswayang kreativitas berpikirnya rendah lebih mempunyai tes objektif. Oleh karena itu siswa terdiri dari beberapa macam karakteristik kreativitas berpikir, maka sebaiknya tes yang diujikan kombinasi kedua bentuk tes.yo.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain