Artikel
Pendekatan kontekstual dalam pendidikan agama Islam : studi kasus di SD Alam Insan Mulia Surabaya /
Penelitian ini menguraikan tentang aplikasi pendekatan kontekstual dalam pendidikan agama Islam di SD Alam Insan Mulia Surabaya. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, penelitian ini berusaha memahami realitas peristiwa dan berbagai macam relevansinya dengan mengambil latar kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis diawali dengan pengkodean, transkripsi, dan reduksi data. Hasil analisis tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan pembelajaran agama Islam yang berlangsung di SD Alam Insan Mulia menggunakan pendekatan kontekstual dengan memodifikasikankurikulum secara integratif [integratif learning] dan tematik [thematic learning], sehingga suasana pembelajaran menjadi ceria dan menyenangkan [joyfull learning] bagi anak didik.yo.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain