Artikel
Problem based instruction sebagai alternatif model pembelajaran :
Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan model Problem Based Instructional [PBI] dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan respon siswa dalam pembelajaran. Model diterapkan pada 2 kelas XI pararel SMA Swasta di Jakarta Selatan. Kelas XI IPA1 Siswa kelas XI IPA2. Siswa kelas XI IPA1 diberikan treatment dengan menerapkan model pembelajaran PBI sedangkan untuk kelas XI IPA2 dilakukan pembelajaran klasikal seperti biasa. Hasil penerapan model pembelajaran PBI treatment pertama diperoleh hasil kelas XI IPA1 nilai rata-rata terendah untuk pretes 3.25 sedangkan nilai rata-rata tertinggi 6.75. Sementara itu untuk kelas XI IPA2 nilai rata-rata terendah 3.25 dan tertinggi 6.25. Postes untuk kelas pertama nilai rata-rata terendah 6.45 dan tertinggi 8.75, sedangkan postes untuk kelas XI IPA2 nilai rata-rata terendah 6.75 dan nilai tertinggi 9.00. Pada treatment kedua kelas XI IPA1, nilai rata-rata siswa terendah 5.00 dan nilai rata-rata tertinggi 7.35, sedangkan kelas XI IPA2......ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain