Artikel
Peran orangtua dalam pengembangan kecerdasan emosional anak usia Sekolah Dasar :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peran orangtua dalam mengembangkan kecerdasan emosioanal anak usia Sekolah Dasar [SD]. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan besar sampel 380 orang anak usia SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan inventori dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum anak usia SD di kota Medan memiliki kecenderungan perkembangan emosi pada kategori sedang ke rendah dengan profil dapat mengenali log-log emosi yang ada pada dirinya. Hanya sebagian kecil yang dapat mengendalikan emosi. Peran keluarga sangat rendah dan pada umumnya orang tua berperan sebagai pelatih emosi dengan gaya penolak ke pengabai. Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara peran keluarga dengan kecenderungan kecerdasan emosional anak.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain