Artikel
Menuju standarisasi proses pendidikan khusus :
Perlu disadari bahwa anak berkebutuhan khusus [ABK] memerlukan pendidikan khusus, dimana pada pendidikan khusus bukan berorientasi pada ketidakmampuan dan kecacatan melainkan difokuskan pada kebutuhan individu dan kemampuan yang bisa dikembangkan, sehingga dituntut proses pembelajaran yang luwes, bervariasi dan inovatif. Sejalan dengan pandangan tersebut, orientasi pembelajaran bagi ABK di satuan pendidikan khusus merupakan pengembangan kemampuan masing-masing peserta didik secara optimal, sesuai tingkat kemampuan dan karakteristik yang dimiliki. Pendekatan yang digunakan adalah pembelajaran yang diindividualisasikan [individualized education program]. sebagai ABK mereka memerlukan layanan individual dalam sistem pembelajaran, namun di sisi lain ada juga tuntutan agar proses pembelajaran mempunyai kerangka formal yang sistematis. Oleh karena itu, diperlukan acuan dasar berupa standar proses pendidikan khusus bagi peserta didik tunanetra,tunarungu,tunagrahita,tunadaksa,tunalatas.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain