Artikel
Kompetensi guru sekolah inklusi : studi kasus di SMP Negeri 4 Wonogiri /
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kompetensi guru sekolah inklusi di SMPN 4 Wonogiri. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pada tahap pembelajaran guru sudah berinteraksi dengan siswa sehingga penyusunan RPP juga disesuaikan dengan kemampuan rata-rata klasikal siswa. Guru juga menyususn PPI dan kurikulum yang dimodifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa; 2)pada interaksi proses pembelajaran di kelas ABK tunanetra guru masih mengandalkan suara dan alat verbal karena belum menguasai huruf braile. Pada proses pembelajaran kelas ABK berkesulitan belajar dan kelas ABK lamban belajar, tunalaras, dan tunaganda, guru mengalami kesulitan menemukan metode untuk berinteraksi dengan siswa baik secara klasikal maupun...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain