Artikel
Model pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang miskin di pedesaan melalui pemberdayaan masyarakat :
Tujuan penelitian ini untuk menemukan model pendidikan bagi anak ABK yang miskin di pedesaan. Subyek penelitian terdiri atas masyarakat yang peduli sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, angket, dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)faktor penyebab ABK tidak dapat sekolah adalah faktor ekonomi, tempat tinggal, psikologis, latar belakang pendidikan orang tua, sosial, dan guru sekolah umum; 2)Sumber dukungan yang ada adalah: masyarakat yang peduli, kebudayaan gotong royong, dukungan dari kepala desa, sikap yang positif dari ketua PKBM, dan perhatian dari Depdiknas; dan 3)model pendidikan yang efektif bagi ABK yang miskin di pedesaan adalah melalui pemberdayaan masyarakat yang peduli.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain