Artikel
Pengajaran apresiasi puisi dengan pendekatan kognitif : membedah penggunaan metafora dalam puisi Rendra /
Tulisan ini melaporkan implementasi pengajaran apresiasi puisi [PAP] dengan pendekatan kognitif pada mata kuliah Apresiasi Sastra untuk mahasiswa semester 2 jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Di sini, materi tentang hakikat puisi dan metafora disajikan secara rinci. Pemahaman atas materi tersebut dimantapkan dengan menugasi mahasiswa mencermati 4 puisi karya Rendra untuk mengidentifikasi penggunaan metaforanya. Sebagai langkah penguatan lanjut, mahasiswa ditugasi menulis puisi. Hasil kajiannya menyatakan, bahwa pengajaran ini efektif dalam membina mahasiswa, baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Lebih lanjut, pengajaran dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Lebih lanjut, pengajaran ini berdampak positif terhadap pembinaan minta mahasiswa terhadap karya sastra, khususnya puisi.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain