Artikel
Pengembangan tes kemampuan memahami teks akademik berbahasa Inggris :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes kemampuan memahami teks akademik berbahasa Inggris. Untuk itu dirancang dua tahap kalibrasi. Tahap I, seperangkat tes yang dikembangkan berdasarkan konstruk kemampuan memahami teks dan direviu pakar dikalibrasi pada 1000 responden dan hasilnya dianalisis berturut-turut menggunakan analisis butir klasik, analisis respons butir model logistik 3 parameter, dan analisis faktor konfirmatoris. Pada tahap II. butir yang terpilih dikalibrasi lagi melibatkan 1000 responden independen lain dan hasilnya dianalisis berturut-turut menggunakan analisis faktor konfirmatoris, yang kemudian dilanjutkan dengan validasi silang ganda dengan analisis regresi ganda logistik biner. Sumber data, total 2000, adalah mahasiswa baru dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang dipilih menggunakan teknik sampling berstrata proporsional. Hasil penelitian mengungkapkan 3 faktor kemampuan memahami teks secara konsisten yang terdiri dari 25 butir tes...ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain