Artikel
Dramatisasi bisnis infotaiment : antara profesionalisme dan idealisme /
Dramatisasi pers Indonesia bukan tanpa sengaja. Nampak ada rekayasa yang dipraktikkan oleh banyak perusahaan media massa di negeri ini. Mulai perburuan berita, penetapan narasumber, penulisan berita sampai pada pemasaran surat kabar, dan penanyangan setiap mata acara. Salah satu jenis pemberitaan yang tumbuh subur pasca reformasi adalah infotainment yang merupakan gabungan antara informasi dan entertainment. Dalam dunia infotainment, pemberitaan yang dihadirkan dikemas dengan penyampaian yang lebih halus dan ditambah unsur-unsur hiburan di dalamnya. Dengan kemasan inilah, infotainment bersemayam di hati masyarakat. Tidak hanya di kalangan remaja, tapi juga kaum ibu dan pria dewasa. Seiring dengan positifnya sambutan dari masyarakat, satu persatu infotainment baru bermunculan dan mengisi sebagian besar acara di berbagai stasiun televisi. Ini jelas akan memicu sentimen bisnis informasi yang dilematis terhadap kebebasan pers itu sendiri.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain