Artikel
Konsep dan aplikasi Iptek Nuklir di sekolah menegah atas.
Studi ini bertujuan untuk mengkaji kurikulum sekolah menegah atas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir pada standar isi, buku pelajaran, metode pembelajaran, dan pemahaman guru, Sampling kajian ditentukan secara purposif di enam provinsi, yaitu : Daerah Istimewa Yogyakarta; Jawa Timur; Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kepulauan Riu, dan Sulawesi Selatan, Reesponden terdiri atas guru Biologi, Fisika, dan Kimia Masing-masing18 orang Propinsi. Studi dilakukan melalui survei dan focus group discussion. Hasil studi menunjukkan bahwa iptek nuklir pada standar Isi cukup memadai, namun dalam aplikasi sangat kurang. Ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir dalam buku pelajaran lebih banyak teori dan kurang kontekstual. Pemblajaran Iptek nuklir pada umumnya dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. Pemahaman guuru tentang konsep dan aplikasi iptek nuklir masih rendah. Studi merekomendasikan aplikasiniptek nuklir masa kini ditambahkan ke dalam Standar, sekolah perlu melakukan sosialisasi agar pemahaman iptek nuklir lebih baik,begitu juga perlu menambah buku suplemen atau model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar pembelajaran iptek nuklir lebih efektif, efisien, dan menyenangkan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain