Artikel
Karakter pendidikan untuk membentuk pendidikan karakter : studi kasus Ma'had Qudsiyyah Menara Kudus /
Eksistensi madrasah dari waktu ke waktu semakin tergerus oleh gelombang 'penyamarataan' atas nama akreditasi, kurikulum nasional dan kurikulum Depag. Sebagai ikhtiar untuk mempertahankan visinya melawan gerusan peradaban, Qudsiyayah akhirnya kembali ke khittah dengan mendirikan Ma'had Qudsiyyah Menara Kudus yang berkonsentrasi pada aspek ulumul fiqh. Tujuan yang hendak dicapai adalah lahirnya manusia yang berkarakter utuh [al kaun al jami'] dan seimbang, akal dan hati; rohani dan jasmani; akhlak dan keterampilan; kognitif, afektif dan psikomotorik. Sebagai back up sistem, Ma'had qudsiyyah telah menyiapkan proses dan manajemen yang mencerminkan 1)langkah-langkah pengelolaan; 2)Strategi implementasi; 3)Kesiapan SDM pendidikan dan kependidikan; 4)Indikator-indikator keberhasilan program; 5)Desain program yang komprehensip berisikan muatan dan analisis kontektual proses pendidikan; 6)teknik evaluasi program dan pengawasan; 7)Formulasi kebijakan.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain